Find Me !

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Thursday, October 16, 2014

TUTORIAL PROGRAM MILLING PANGKON HSL PADA MESIN CNC DENGAN SOFTWARE MASTERCAM

STRATEGI MILLING PANGKON HSL

I.                   MATERIAL

Pada tugas ini kita diberi gambar pangkon HSL sesuai gambar dan ukuran di bawah ini.
Strategi yang saya pakai dalam pengerjaan benda tersebut adalah dengan mengerjakan setiap sisi dari permukaan benda kerja.untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada penjelasan dibawahnya.





II.                SRATEGI PENGERJAAN PANGKON HSL

·         Pada tahap awal saya terlebih dahulu membuat level untuk tiap-tiap pandangan benda kerja hal itu bertujuan mempermudah dalam proses penggambaran dan pada waktu operasi pada mesin CNC.



·         LEVEL 1

Pada level 1 saya menggambarkan tampak atas dari benda kerja.



Dan di bawah ini adalah gambar dari operation manager level 1:
                                                              




Langkah pertama adalah facing,hal ini berguna untuk meratakan material pada tahap awal karena asumsi benda kerja tidak rata sempurna,hasilnya seperti gambar di bawah ini:



Dan hasil akhir dari proses pengerjaan level 1 adalah tampak atas dari benda kerja,untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini:


·         LEVEL 2

Pada level 2 saya menggambarkan tampak bawah dari benda kerja.



Dan di bawah ini adalah gambar dari operation manager level 2:



Dan hasil akhir dari proses pengerjaan level 2 adalah tampak bawah dari benda kerja,untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini:



·         LEVEL 3

Pada level 3 saya menggambarkan tampak samping dari benda kerja






Dan di bawah ini adalah gambar dari operation manager level 3:


Dan hasil akhir dari proses pengerjaan level 3 adalah tampak samping dari benda kerja,untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini:




·         LEVEL 4

Pada level 4 saya menggambarkan tampak depan dan belakang dari benda kerja,memang sengaja gambar saya buat sederhana karena yang terpenting pada tahap ini adalah pembuatan  2 buah lubang.


Dan di bawah ini adalah gambar dari operation manager level 4:



Dan hasil akhir dari proses pengerjaan level 4 adalah tampak samping dari benda kerja,untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini:


·         Untuk lamanya waktu pengerjaan sesuai simulasi dari master cam adalah  1 jam 43 menit hal ini dipengaruhi pada pengaturan feed rate,pemilihan tool dan lain sebagainya.




0 comments:

Post a Comment