Find Me !

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Thursday, October 16, 2014

TUTORIAL PROGRAM MILLING MATERIAL PADA MESIN CNC DENGAN SOFTWARE MASTERCAM

STRATEGI MILLING MATERIAL

I.                   MATERIAL
Dikarenakan dimensi material paling luar adalah 860 x 62 x 15 mm, maka material awal yang digunakan direncanakan berukuran 870 x 65 x 20 mm

II.                SRATEGI PEMAKANAN DAN RAGUM



-          Hal pertama yang dilakukan tentu adalah facing. Material dapat diclamp pada sisi-sisi sampingnya (pada ujung yang panjang) dikarenakan material yang dipakai tipis yakni sekitar 2 cm, lalu facing dapat dimulai. Facing dapat dilakukan cukup 1 kali karena asumsi disini kerataan benda kerja cukup bagus. Facing dilakukan dengan kedalaman 0.5 mm.
-          Kemudian dilanjut dengan membuat bentuk dalam daripada benda kerja. Dalam keadaan clamp yang sama, dapat dilakukan contour / pocket. Dalam pengerjaan ini dapat diaplikasikan beberapa strategi pemakanan. Strategi yang dipakai adalah pemakanan berupa contour kotak, dilanjut pembuatan alur yang bisa dilakukan dengan menggunakan pocket / contour, lalu menghabiskan sisa dari kotak yang besar pada sisi kanan dan kiri dengan pocket,dalam hal ini saya menggunakan garis bantu agar pemakanan benda kerja lebih efisien dan penghematan waktu serta tenaga.

-         Khusus untuk toolpath pembuatan pengkasaran permukaan, menggunakan “Undefined” tool dengan diameter 10 mm dan tip angle 90 derajat.





Perhitungan Depth “Undefined “ tool untuk menentukan “Undefined tool”

Pada toolpath 10 dan 11 digunakan “Undefined” tool untuk membuat alur dengan lebar 1 mm. Diameter tool yang digunakan adalah 10 mm dengan Tip angle 90 derajat, maka perhitungan depthnya adalah sebagai berikut;







Tan 45 = 0.5/x
0.854    = 0.5/x
        X  = 0.5/0.854
             = 0.5854 mm

Sehingga untuk toolpath 10 dan 11 depthnya adalah 0.5854 mm. Tapi karena pada toolpath 1 sudah di facing sedalam 5 mm, maka depthnya menjadi 5.5854 mm dengan top of stock -5.

Dan akhirnya setelah selesai proses pengerjaan maka dihasilkan benda seperti gambar dibawah ini :



0 comments:

Post a Comment