Find Me !

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Thursday, October 9, 2014

PERANCANGAN MESIN PENGGILING TEBU (UNTUK USAHA INTERPRENER SIMPEL DAN MUDAH)

MESIN PENGGILING TEBU
(UNTUK USAHA INTERPRENER SIMPEL DAN MUDAH)


*    PENDAHULUAN

Stabilitas usaha kecil menengan justru kini sering bermunculan, banyak orang yang kini berkreatifitas dimana barang yang sepele atau yang cenderung kurang diminati kini bermunculan dendan kemasan yang menarik justru jadi banyak simpati orang. Disini kita akan membuat mesin sederhana untuk mempermudah membuatnya.
Es tebu memang es yang bukan istimewa bahkan rasanyapun biasa saja. Namun dengan kemasan dan proses pembuatan yang mudah bisa dimanapun, justu ini menjadi minat bagi dunia interprener. Karena dengan bahan baku yang murah dan mudah didapat maka akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Salah satu kendalanya adalah proses pembuatanya yang susah karena tebu sendiri sangat keras butuh tenaga besar tuk dapatkan saripatinya.munkin dengan bentuk dan sistem mesin penggiling tebu yang praktis ini dapat memecahkan masalah tersebut.

*    KEGUNAAN DAN FUNGSI DARI MESIN PENGGILING TEBU

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi dan kegunaan mesin pencacah jerami adalah :
Sebagai alat pengambil sari pati dimana alat ini dengan ukuran yangcukup menghemat tempat dan mudah dibawa.”

*    ANALISA HASIL

Karena ukuranna tidak memakan tempat maka alat ini cocok untuk digunakan berjualan dimana tempat contohnya dipinggir jalan.

*    MATERI DAN METODE

Kegiatan rekayasa alat-mesin penggiling tebu ini difokuskan mencari bentuk seefisien mungkin. Bahan utama yang digunakan terdiri dari bahan rekayasa dan bahan uji. Bahan rekayasa untuk pembuatan konstruksi prototipe terdiri dari besi siku, besi plat, as baja, as nilon, pisau potong bentuk lingkaran, besi begel, pilow block, bearing, puli, V-belt, roda, mur/baut, dempul, meni, cat dan motor diesel sebagai penggerak. Bahan uji menggunakan tebu segar sebanyak 50 kg. Perancangan dilakukan komponen per komponen dari keseluruhan unit kemudian dilakukan perakitan. Perancangan diakhiri dengan menghasilkan gambar disain dan gambar kerja. Perancangan komponen alat penggiling tebu terdiri dari :

(a) Komponen unit pengumpanan
(b) Komponen unit penggiling tebu
(c) Komponen unit penyaluran hasil sari tebu
(d) Sistem penerusan daya
(e) Kebutuhan daya

*    PENGOPRASIAN MESIN PENGGILING TEBU

Tebu yang telah dicacah masuk melalui pressure feeder (roll pengumpan) dan ditekan menuju bukaan roll depan. Cacahan tebu yang sudah masuk celah roll depan mendapat tekanan yang disebabkan roll gilingan atas dan roll gilingan depan. Tekanan ini menyebabkan terjadinya pemerahan sehingga nira tebu keluar. Ampas hasil perahan pertama dilewatkan ampas plat dan masuk ke pemerahan kedua yang di akibatkan penekanan antara roll gilingan atas dengan roll gilingan
belakang. Dari bukaan belakang, ampas tebu keluar supaya tidak terbawa roll atas
dan roll belakang maka dipasang skrapper plat yang berfungsi untuk membersihkan ampas tebu. Nira jatuh ke dalam bak penampung nira dan ampasnya jatuh ke yang membawanya ke unit gilingan selanjutnya sampai pada gilingan akhir.

*    SPESIFIKASI ”MESIN PENGGILING TEBU”

a. Motor penggerak
Daya/rpm : maksimum 1 HP/2200 rpm

b. Dimensi
Panjang : 50 cm
Lebar : 34 cm
Tinggi : 90 cm

c. Piringan pencacah
Jumlah gilingan : 3 buah
Diameter piringan : 10 cm

d. Unit penyaluran hasil (Blower)

Diameter penyalur : 3 cm

0 comments:

Post a Comment