Find Me !

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Wednesday, October 8, 2014

STATISTIK METODE PENELITIAN



Pokok Bahasan 2 :
METODE PENELITIAN

Metode Penelitian     =     Prosedur Penelitian       +     Teknik Penelitian









 
Tata cara                           urutan kerja                            alat-alat yang pelaksanaan penelitian                   penelitian                                       digunakan dalam
                                                                                           mengukur / mengumpulkan data penelitian                

Misalnya pada pelaksanaan penelitian dengan metode survey
Metode penelitian     :      bagaimana penelitian  dilakukan ?
                                          
                                           Prosedur dan alat yang digunakan
Prosedur penelitian   :      bagaimana menentukan / cara pengambilan sampel
                                           Misalnya menentukan plot :
                                           daerah         blok            sub blok            dst
Teknik penelitian       :      penggunaan interview / wawancara sebagai alat pengumpulan data.


A. Jenis-jenis Metode Penelitian
                                                                         
1.   Metode Historis
Sejarah sebagai studi tentang masa lalu dengan menggunakan paparan dan penjelasan


 
Merekonstruksi masa lalu dengan mengumpulkan, menilai, memverifikasi dan mensintesiskan bukti untuk menetapkan fakta dan mencapai kesimpulan.

      2.   Metode Deskriptif
Menjabarkan setiap variabel secara sistematis, actual dan cermat terhadap fakta atau karakteristik populasi atau bidang tertentu.


 
Generalisasi dari hasil pengamatan dari sampel
Generalisasi akan akurat jika sampel representative
Tujuan :
a.   mengumpulkan informasi actual yang melukiskan gejala yang ada
b.   mengidentifikasi masalah dengan memeriksa kondisi dan praktek yang berlaku
c.   membuat perbandingan / evaluasi
d.   menentukan apa yang telah dilakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana / keputusan pada waktu yang akan dating

3.   Metode Korelasional
     Mencari hubungan diantara variabel-variabel yang diteliti


 
     Meneliti sejauh mana suatu variabel berkaitan dengan variasi pada variabel yang lainnya

                               2 variabel            korelasi sederhana
                                                            (simple correlation)
     Korelasi
                                    > 2 variabel         korelasi berganda
                                                                 (multiple correlation)

          Nilai koefisien korelasi adalah

a.   Korelasi positif (r>0)
Y

Y2                                            Y = a + b X
Yn
Y1



 
                     X1        X2        Xn                       X

      Jika nilai X naik maka nilai Y juga akan naik
     Jika nilai X turun maka nilai Y juga akan turun

     Korelasi positif juga dapat dilihat dari nilai b pada persamaan regresi Y = a + bX yang bernilai positif






b.   Korelasi negatif (r<0)
Y



 
            Y1
            Y2
            Yn                                            Y = a – b X


 
                        X1              X2        Xn                          X

      Jika nilai X naik maka nilai Y juga akan turun
     Jika nilai X turun maka nilai Y juga akan naik

     Korelasi negatif juga dapat dilihat dari nilai b pada persamaan regresi Y = a - bX yang negative

c.   Tidak ada korelasi (r = 0)
Y


            Y1
            Yn
            Y2
            Y3


 
                        X1    X2   X3      Xn                                        X

      X dan Y tidak menunjukkan  hubungan


d.   Korelasi sempurna (r = 1 atau r = -1)
       Y

                                                            Y = a + bX








 
                                                           DY
                                            q
                                          DX

                                                                                    X
     R = 1,    jika kenaikan X (ΔX) sebanding dengan kenaikan Y (ΔY)
                   ΔX = ΔY
                   tan θ = 1 sehingga θ = 45o

                        Y








 




                          DY                    q
                                                                                     Y = a - bX
                                                            DX
                                                                                                         X
      R = -1,   jika kenaikan X (ΔX) sebanding dengan penurunan Y (ΔY)
                   ΔX = - ΔY
                   tan θ = -1 sehingga θ = -45o

Menurut Guilford (1956 ; 145)
1.  r < 0,2                  :    korelasi lemah sekali
2.             :    korelasi lemah tapi pasti
3.             :    korelasi yang cukup berarti
4.             :    korelasi yang tinggi
5.  r > 0,9                  :    korelasi sangat tinggi

Koefisien lain yang digunakan untuk menghitung korelasi adalah koefisien determinasi (R2) atau koefisien penentu (KP)






 
                                            KP = r2 x 100%

Kegunaan metode korelasi :
1.   mengukur derajat hubungan antar variabel
2.   meramalkan variabel tidak bebas dari variabel bebasnya
3.   uji pendahuluan untuk membuat rancangan penelitian eksperimental

     4.  Metode Eksperimental
          metode penelitian untuk mencari hubungan sebab akibat dengan memberikan treatment / perlakuan pada 1 atau lebih variabel dan membandingkan hasilnya dengan variabel kontrol yang tidak mendapatkan treatment.


 
          Memungkinkan peneliti untuk menentukan sendiri variabel treatment atau variabel kontrol

          Karakteristik :
a.       variabel treatment / perlakuan
b.       variabel kontrol
c.       membandingkan antara variabel kontrol dan variabel treatment

     5.  Metode Kuasi Eksperimental
          seperti pada metode eksperimental tetapi peneliti tidak dapat mengatur variabel yang mendapat treatment atau tidak


B. Teknik Penelitian

     Teknik penelitian merupakan penggunaan alat dalam mengukur atau mengumpulkan data
1.   Pengukuran dalam penelitian
     usaha untuk memberikan nomor pada benda-benda / peristiwa-peristiwa menurut aturan tertentu   


 
     menandai nilai-nilai variabel dengan notasi bilangan

a.       Skala pengukuran
Peraturan penggunaan notasi bilangan dalam pengukuran
1.    Skala Nominal
       Skala pada objek / kategori yang tidak menggambarkan kedudukan objek / kategori tersebut terhadap objek / kategori lainnya


 
Hanya bersifat label / kode, saling lepas dan tidak disusun secara logis

Misalnya kategori jenis kelamin :
                                                          1   :    pria
                                                          0   :    wanita  

                 2.    Skala Ordinal
                        skala dimana penomoran objek / kategori disusun menurut besarnya karakteristik yang dimilikinya (terendah s/d tertinggi atau sebaliknya) dengan jarak / rentang yang tidak harus sama
                        Misal     nilai     A     :    80 – 100
                                                  B     :    65 – 79
                                                  C    :    55 – 64
                                                  D    :    45 – 54
                                                  E     :    0 – 44

                 3.    Skala Interval
                        kategori data dapat diurutkan berdasarkan atributnya dimana jarak interval antara tiap objek / kategori sama


 
                        tidak mempunyai titik nol absolute, sehingga besarnya interval hanya dapat ditambah atau dikurangi
                        Misal     A         B         C         D         E
                                      1          2          3          4          5
                                      Interval A s/d D          =          4 – 1 =       3
                                                                      =   A s/d C + C s/d D
                                                                      =   (3 – 1) + (4 – 3)
                                                                      =   3         

                 4.    Skala Rasio
                        memiliki sifat-sifat skala nominal, ordinal, interval dan dilengkapi titik nol absolute sehingga dapat dilakukan operasi (x) atau (:)

                        Angka pada skala menunjukkan ukuran yang sebenarnya dari objek / kategori yang diukur
                        Misal     nilai Metode Penelitian mahasiswa A = 60
                                      nilai Metode Penelitian mahasiswa B = 90
                                      maka nilai mahasiswa B = 1½ mahasiswa A

b.       Syarat-syarat pengukuran
1.    Reliabilitas (sifat terpercaya)
       Seberapa jauh kekonsistenan suatu alat ukur untuk memberikan hasil yang sama dalam mengukur hal dan subjek yang sama


 
       Apabila suatu alat ukur  dipergunakan berulang-ulang oleh peneliti yang sama / berbeda akan memberikan hasil yang sama
                                                                     
                 2.    Validitas (ketepatan memilih alat ukur)
                        Seberapa jauh suatu alat ukur dapat mengukur hal atau subjek yang akan diukur


      2.  Alat-alat (instrumen) pengumpulan data
          1.    Tes / soal tes
                 Sekumpulan pertanyaan / latihan / alat lain yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan / bakat yang dimiliki oleh individu / kelompok

          2.    Kuesioner / angket
                 daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk memberikan respon sesuai dengan permintaan peneliti
                 Tujuan penyebaran angket :
                 Mencari informasi yang lengkap mengenai suatu masalah dan peneliti tidak merasa kuatir jika responden memberi jawaban tidak sesuai dengan kenyataan

                 Jenis-jenis angket :
a.       terbuka (angket tidak berstruktur)


 
bentuknya sederhana
responden memberi isian sesuai dengan kehendaknya
Contoh :
1.   Pendidikan terakhir yang pernah diikuti
No
Tingkat pendidikan
Tempat
Tahun Kelulusan
1.



2.



3.




2.   Bagaimana pendapat saudara tentang perkuliahan D4 DM?
…………………………………………………………

b.       tertutup (angket berstruktur)
responden diminta untuk memilih 1 jawaban yang sesuai dengan karakteristik dirinya dengan memberikan tanda (x) atau (√) pada jawaban yang telah tersedia
Contoh :
1.   Apakah anda termasuk dosen yang aktif  menulis ?
a.  Ya                                           b.  Tidak
                             Jika jawaban anda ‘ya’, berapa buku yang telah anda tulis dan terbitkan per tahun ?
                             a.  2 – 5 tahun                             c.  11 – 15 buku
                             b.  6 – 10 tahun                          d.  16 – 20 buku

          3.    Checklist
                 Suatu daftar yang berisi subjek dan aspek-aspek yang akan diamati
                
Dapat menjamin bahwa peneliti mencatat tiap-tiap kejadian sekecil apapun yang dianggap penting
                
                 Contoh :



                 
No

Pernyataan
Alternatif jawaban
5
4
3
2
1
SS
S
CS
KS
TS
A. PARTISIPASI MASYARAKAT
1.






2.






3.






          Keterangan :    5     :    Sangat Setuju (SS)
                                    4     :    Setuju (S)
                                    3     :    Cukup Setuju (CS)
                                    2     :    Kurang Setuju (KS)
                                    1     :    Tidak Setuju (TS)

            4.      Wawancara
pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui informasi dari responden secara lebih mendalam dengan jumlah responden yang sedikit.
Faktor yang mempengaruhi arus informasi dalam wawancara :
1.    pewawancara     :    petugas pengumpul informasi dengan cara menyampaikan pertanyaan kepada responden
2.    responden     :    pemberi jawaban yang diharapkan menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan lengkap
3.    pedoman wawancara    :    uraian penelitian yang dituangkan dalam bentuk daftar pertanyaan
4.    situasi wawancara  :    waktu dan tempat wawancara



                     5.      Pedoman dokumentasi
daftar yang berisi panduan dalam menelusuri sebuah dokumentasi.

C.  Prosedur Penelitian
         
     Langkah-langkah / urutan yang harus dikerjakan dalam suatu penelitian :
1.   mendefinisikan / merumuskan masalah


 
hal-hal yang dipermasalahkan dalam penelitian
2.   studi pustaka
3.   merumuskan hipotesis


 
pernyataan / anggapan yang bersifat sementara tentang fenomena tertentu yang akan diteliti                                                    
4.   menentukan model / desain penelitian


 
model matematika yang digunakan untuk menguji hubungan antar fenomena ,
Y = f(X1, X2, …, Xn)
5.   mengumpulkan data
6.   mengolah / menganalisis data
7.   menginterpretasikan
8.   membuat generalisasi / kesimpulan

0 comments:

Post a Comment