Find Me !

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Wednesday, October 15, 2014

kuliah definisi belt conveyor



Belt Conveyor System
Prinsip kerja Belt Conveyor :
Gerakan pada belt pengangkut batubara pada awal mulanya berasal dari motor induksi yang berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik yang berupa putaran poros rotor motor induksi  sebesar 1486 rpm. Energi mekanik yang berupa putaran tersebut diteruskan oleh Fluid Coupling ke Gear Box dengan menggunakan fluida minyak.
Putaran Fluid Coupling tersebut masih teramat tinggi untuk menggerakkan Belt Conveyor yang berkisar 1440 rpm, maka diperlambat oleh Reducer / Gear Box menjadi lebih rendah yaitu berkisar 112,4 rpm dengan tujuan agar bisa digunakan untuk memutar  Drive Pulley melalui kopling tetap yaitu N-Eupex Coupling.
Drive Pulley atau Head Pulley sendiri mempunyai fungsi memutar Belt Conveyor, sehingga dengan putaran Drive Pulley 112,4 rpm  menjadikan Belt Conveyor berjalan dengan kecepatan sekitar 3,3 m/s. Belt Conveyor yang mempunyai lebar 1800 mm dan berjalan  dengan kecepatan 3,3 m/s digunakan untuk mengangkut batubara dari sisiTail Pulley ke sisi Head Pulley untuk dilanjutkan ke tempat yang lain.
Begitulah seterusnya Belt Conveyor System bekerja dengan bantuan peralatan pendukung lainnya untuk menjaga kelancaran dan keandalan operasinya.

Belt Weigher
Belt Weigher adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat/jumlah dari batubara yang diterima oleh conveyorsetelah batubara dibersihkan dari kandungan logam asing dengan menggunakan Magnetik Sparator (MS).  Selain itu, tujuan penggunaan Belt Weigher juga dugunakan untuk mengetahui jumlah batubara yang diterima oleh Coal Jetty dan dapat juga digunakan untuk mengetahui jumlah batubara yang dipakai sebelum masuk ke hopper K di unit 1-4.
Magnetic Separator
Batubara yang masuk kedalam hopper dari hasil pembongkaran kapal tidak sepenuhnya batubara murni melainkan terdapat juga material-material yang lain seperti logam yang terbawa dari hasil penggalian tambang batubara. Untuk mengatasi hal tersebut maka dipasanglah Magnetic Separator yang mana alat tersebut berfungsi untuk mengambil material logam yang tercampur dengan batubara.
Prinsip dasar dari Magnetik Sparator adalah suatu elektro magnet yang ditimbulkan oleh kumparan sehingga akan menimbulkan medan magnet yang mampu menarik material bersifat logam.
Scraper Conveyor
Scraper Conveyor (SC) terletak diatas bunker, yang berfungsi untuk mendorong atau menyalurkan batubara dari unit distribusi hopper masuk ke bunker. Untuk unit 1-4  mempunyai lima buah bunker setiap unitnya. Jadi jumlah bunkeryang ada di unit ini berjumlah 20 buah, sedangkan jumlah Scraper conveyor sebanyak 8 unit dimana setiap unitnya mempunyai dua buah Scraper conveyor.
Scraper conveyor mampu membawa batubara pada kapasitas maksimum dengan kecepatan tertinggi 30 m/menit.Scraper conveyor digerakan oleh motor Head Shaft melalui suatu penghubung berupa rantai penggerak yang diaktifkan oleh Hight dan Low control level pada bunker.
Bagian-bagian dari Scraper conveyor adalah sebagai berikut :
a.        Conveying Chain (rantai conveyor)
Conveying Chain disebut juga T plate, yang berfungsi untuk mendorong batubara masuk ke bunker. T plateterbagi menjadi dua jenis. yaitu T plate bersayap dan jenis T plate tak bersayap.
b.        Conveyor Casing
Conveying Casing adalah tempat penampungan batubara untuk didorong oleh rantai Conveyor. masuk kedalam bunker. Rantai conveyor bergerak  ke rantai conveyor casing pada alur (wearing Strip) yang ada disepanjang conveyor casing.

Silogate
Silogate atau out leet slide adalah pintu pada out leet chute scraper conveyor yang berfungsi untuk mengatur batubara masuk ke bunker agar sesuai. Silogate dapat dioperasikan secara otomatis berdasarkan level control didalam bunkerdan dapat dioperasikan secara manual dari control tower sesuai kebutuhan.
Bunker
Bunker adalah tempat penampung batubara sebelum masuk kedalam pulverizer (mill) untuk dihaluskan. Setiap unit pembangkitan mempunyai lima buah bunker dengan kapasitas masing-masing unit 500 ton. Dalam setiap bunkermemiliki level control yang dapat menetukan ketinggian atau level batubara yang dapat dilihat dari control room ataucontrol tower. Besarnya level batubara dalam bunker dinyatakan dalam persen (%).
Stacker & Reclaimer (ST & RE)
Stacker & Reclaimer adalah mesin yang dapat digunakan untuk pembongkaran (stacker) atau pengisian ulang(reclaimer). ST & RE terletak di BC 01 dan BC 02 yang dapat bergerak sepanjang rel untuk melakukan pengisian dan pembongkaran. Untuk pengoprasian ST dan RE dapat dilakukan secara manual. ST dan RE bergerak secara vertikal(Luffing) dan bergerak secara horizontal (Slewing).


4 comments:

  1. Semoga bisnisnya lancar dan sukses selalu. amin

    ReplyDelete
  2. Among them, Yokohama Rubber in Japan is one of the premium companies to develop steel-cord conveyor belts for long distance applications. The company also holds the world record for the longest curved conveyor belt, with a length of 11,103 meters. Most curve conveyor belt companies have online facilities. cinta transportadora con rodillos

    ReplyDelete